Senin, 26 November 2012

NEW MEDIA - CRITICAL INTRODUCTION


PENJELASAN NEW MEDIA

“New media is a term meant to encompass the emergence of digital, computerized, or networked information and communication technologies in the later part of the 20th century. Most technologies described as “new media” are digital, often having characteristics of being manipulated, networkable, dense, compressible, interactive and impartial. Some examples may be the Internet, websites, computer multimedia, computer games, CD-ROMS, and DVDs. New media is not television programs, feature films, magazines, books, or paper-based publications.

New Media dapat diartikan sarana perantara yang baru. New Media juga diartikan dengan kemunculannya teknologi komputer, jaringan telekomunikasi dan informasi, serta digital pada akhir abad ke-20. Berdasarkan pengertian diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa new media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi sekarang dan mendatang yang bersama - sama dengan komputer digital hampir memegang peranan penting didalamnya.  Beberapa contoh New Media diantaranya internet, website, game komputer CDROM, dll.

NEW MEDIA IN EVERYDAY LIFE

BAGI KALANGAN MENENGAH ke atas—baik dalam hal pendidikan maupun ekonomi—tentu tak asing dengan new media. Sebut saja website, blog, facebook, twitter, dan sebagainya. Ini semua kategori new media.

Karena bentuk datanya digital, new media mendukung pencarian data dan informasi lebih cepat dan mudah. Tidak seperti media konv-ensional yang meng-harus-kan kita menggunakan teknik pengarsipan yang rumit. Dengan search engine pada new media kita dapat menemukan informasi apapun walau hanya menggunakan satu kata kunci.

Dari segi bentuk dan tampilannya pun new media punya banyak kelebihan. Selalu full color, Animasi maupun video adalah fitur yang selalu mendukung konten new media. Ini tentu bertolak belakang dengan konten m
edia tradisional yang cenderung statis.

Sebagai public sphere (ranah publik), new media dapat digunakan sebagai alat pergerakan sosial. Kita mungkin masih ingat Sejuta Dukungan untuk Bibit Candra, Gerakan Boikot Pajak, dan lain sebagainya. Ini upaya-upaya menggalang kekuatan sosial menggunakan new media. Ternyata ia menjadi isu hangat dan desakan sekaligus parameter dalam pengambilan kebijakan di negeri ini. Demikian juga saat jatuhnya kekuasaan pemerintahan Hosni Mubarak di Mesir. Salah satunya karena begitu banyak desakan yang muncul di new med
ia. Mengapa bisa? Tak lain tak bukan karena ketiadaan penghalang dalam penyampaian pesan politik di new media.

Setiap orang dapat menjadi author, publisher, sekaligus audience di new media. Karena itu diharapkan new media bisa jadi media independen sekaligus menumbuhkan citizen journalism, dimana setiap orang dapat berpartisipasi dalam memberi informasi dan berita. Setiap orang tak mesti harus jadi wartawan dulu baru dapat menulis berita. Masyarakat luas dapat melakukannya melalui new media. Kita tak mutlak harus dapat berita dari penerbit surat kabar dan televisi tertentu. New media tentu siap memberi informasi dan berita kapanpun dan dimanapun kita berada.

Menurut buku NEW MEDIA “A Critical Introduction” Second Edition (Martin Lister, Jon Dovey, Seth Giddings, Iain Grant, & Kieran Kelly) :

Everyday life is a central concept within Cultural Studies’ approach to technologies. It is
studied and theorised as:
• the market for which companies develop consumer hardware and software
• the site of practices and relationships in which sense is made of new media
• the focal point of an interlocking set of convergences of consumer, media,
   educational and entertainment technologies and markets
the social conditions which are, to a greater or lesser degree, transformed by the use and
consumption of new media
the absent or underplayed term in utopian visions of new knowledges and shifting identities in cyberspace – as alienation and routine to the connectivity and creativity emerging in Internet communication media
the site of consumption of mediated popular culture, not least the images and dramas from comics, television and video that constitute a commercial technological imaginary.

CONTOH APLIKASI NEW MEDIA

1.   New Media : Media Sosial
Facebook

Sebuah layanan jejaring sosial atau web yang memungkinkan seseorang untuk membuat profil pribadi    dirinya dan juga sebagai sarana untuk berbagi informasi dan data dengan pengguna lainnya. 

Kelebihan :
·         Membantu mendapatkan teman baru di dunia maya
·         Bagi para pebisnis, sebagai alat bantu untuk mempromosikan produk
·         Sebagai sarana komunikasi digital jarak jauh
Kekurangan :
·         Berkurangnya privasi akan kehidupan pribadi seseorang
·         Pemalsuan identitas

2. New Media : Hiburan

Youtube
Situs web video sharing yang dimana memungkinkan para penggunanya untuk menonton, memuat, dan berbagi video secara gratis. 




Kelebihan :
·         Sebagai sarana untuk menonton dan memuat video yang kita inginkan
·         Sebagai ajang promosi diri
·         Tempat atau sarana untuk mendownload video yang kita inginkan

Kekurangan :
·         Kurangnya filter atas video yang berbau pornografi
·         Dapat dipakai sebagai saranapenyebaran informasi yang tidak benar atau menyesatkan

3. New Media : Edukasi

Wikipedia
Wikipedia adalah sebuah situs web yang merupakan sebuah proyek endiklopedia multibahasa dalam jaringan bebas dan terbuka.




Kelebihan :
·         Mudah digunakan
·         Mutakhir, karena perkembangan terbaru dunia dapat dengan cepat dimasukkan atau ditulis ke dalam pangkalan data Wikipedia
·         Kesalahan dapat dengan cepat diperbaiki, karena bersifat bebas dan terbuka
·         Kekurangan :
·         Kepengarangan tidak dikenal
·         Kebenaran artikel dipertanyakan

4. New Media: Informasi
Google

Google Inc adalah sebuah perusahaan publik Anerika multinasional yang bergelut di dalam pencarian internet, komputasi awan, dan teknologi periklanan. Sesuai dengan misinya yaitu " untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna", telah diperkirakan bahwa Google berjalan lebih dari satu juta server di penjuru dunia, dan proses pencarian lebih dari satu milyar dan sekitar 24 petabyte pengguna data setiap harinya.



 Kelebihan :
·         Sumber komunikasi, dapat mencari setiap informasi tentang segala yang kita inginkan melalui kotak search engine dalam google
·         Sebagai alat komunikasi (melalui e-mail pada google/ Gmail)
·         Sebagai media publikasi atas karya tulis ataupun website yang kita buat
Kekurangan :
·         Terkadang hasil pada search engine tidak sesuai dengan yang kita inginkan
·         Setiap pencarian data harus menggunakan keyword khusus, menyebabkan informasi tidak dapat dicari dengan mudah secara umum
·         Mudah dibajak
·         Terkadang website yang dibuka mengandung virus sehingga dapat menginfeksi koputer milik kita


MANFAAT NEW MEDIA
·         Informasi dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja dan dimana saja.
·         Dapat digunakan sebagai sarana jual beli
·         Sebagai sarana untuk hiburan, seperti game online, streaming video (contoh : youtube) ataupun sosial media(contoh : facebook, twitter)
·         Sebagai sarana pendidikan
·         Sebagai media komunikasi (contoh : skype)

Kekurangan New Media
·         Terbukanya informasi yang memungkinkan terjadinya pencurian data pribadi
·         Pengawasan Hukum yang lemah, karena tidak bisa ikut campurnya pemerintah dalam menangani new media


Tidak ada komentar:

Posting Komentar