PENJELASAN
NEW MEDIA
“New
media is a term meant to encompass the emergence of digital, computerized, or
networked information and communication technologies in the later part of the
20th century. Most technologies described as “new media” are digital, often
having characteristics of being manipulated, networkable, dense, compressible,
interactive and impartial. Some examples may be the Internet, websites,
computer multimedia, computer games, CD-ROMS, and DVDs. New media is not television programs, feature films, magazines,
books, or paper-based publications.“
New Media dapat diartikan sarana
perantara yang baru. New Media juga diartikan dengan kemunculannya teknologi
komputer, jaringan telekomunikasi dan informasi, serta digital pada akhir abad
ke-20. Berdasarkan pengertian diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa new
media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana
segala bentuk media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi
sekarang dan mendatang yang bersama - sama dengan komputer digital hampir
memegang peranan penting didalamnya. Beberapa contoh New Media
diantaranya internet, website, game komputer CDROM, dll.
NEW MEDIA IN EVERYDAY LIFE
BAGI KALANGAN MENENGAH ke atas—baik dalam hal pendidikan maupun
ekonomi—tentu tak asing dengan new media. Sebut saja website, blog, facebook,
twitter, dan sebagainya. Ini semua kategori new media.
Karena
bentuk datanya digital, new media mendukung pencarian data dan informasi lebih
cepat dan mudah. Tidak seperti media konv-ensional yang meng-harus-kan kita
menggunakan teknik pengarsipan yang rumit. Dengan search engine pada new media
kita dapat menemukan informasi apapun walau hanya menggunakan satu kata kunci.
Dari segi bentuk dan tampilannya pun new media punya banyak kelebihan. Selalu full color, Animasi maupun video adalah fitur yang selalu mendukung konten new media. Ini tentu bertolak belakang dengan konten m
Dari segi bentuk dan tampilannya pun new media punya banyak kelebihan. Selalu full color, Animasi maupun video adalah fitur yang selalu mendukung konten new media. Ini tentu bertolak belakang dengan konten m
edia tradisional yang
cenderung statis.
Sebagai public sphere (ranah publik), new media dapat digunakan sebagai alat pergerakan sosial. Kita mungkin masih ingat Sejuta Dukungan untuk Bibit Candra, Gerakan Boikot Pajak, dan lain sebagainya. Ini upaya-upaya menggalang kekuatan sosial menggunakan new media. Ternyata ia menjadi isu hangat dan desakan sekaligus parameter dalam pengambilan kebijakan di negeri ini. Demikian juga saat jatuhnya kekuasaan pemerintahan Hosni Mubarak di Mesir. Salah satunya karena begitu banyak desakan yang muncul di new med
ia. Mengapa bisa? Tak lain tak
bukan karena ketiadaan penghalang dalam penyampaian pesan politik di new media.
Setiap orang dapat menjadi author, publisher, sekaligus audience di new media. Karena itu diharapkan new media bisa jadi media independen sekaligus menumbuhkan citizen journalism, dimana setiap orang dapat berpartisipasi dalam memberi informasi dan berita. Setiap orang tak mesti harus jadi wartawan dulu baru dapat menulis berita. Masyarakat luas dapat melakukannya melalui new media. Kita tak mutlak harus dapat berita dari penerbit surat kabar dan televisi tertentu. New media tentu siap memberi informasi dan berita kapanpun dan dimanapun kita berada.
Menurut
buku NEW MEDIA “A Critical Introduction”
Second Edition (Martin Lister, Jon Dovey, Seth Giddings, Iain Grant, &
Kieran Kelly) :
Everyday life is
a central concept within Cultural Studies’ approach to technologies. It is
studied and
theorised as:
•
the market for which companies develop consumer hardware and software
•
the site of practices and relationships in which sense is made of new media
•
the focal point of an interlocking set of convergences of consumer, media,
educational and entertainment technologies
and markets
• the
social conditions which are, to a greater or lesser degree, transformed by the
use and
• consumption
of new media
• the
absent or underplayed term in utopian visions of new knowledges and shifting
identities in cyberspace – as alienation and routine to the connectivity and
creativity emerging in Internet communication media
• the
site of consumption of mediated popular culture, not least the images and dramas
from comics, television and video that constitute a commercial technological
imaginary.
CONTOH APLIKASI NEW MEDIA
1. New Media : Media Sosial
Facebook
Sebuah layanan
jejaring sosial atau web yang memungkinkan seseorang untuk membuat profil
pribadi dirinya dan juga sebagai sarana untuk berbagi informasi
dan data dengan pengguna lainnya.
Kelebihan :
·
Membantu mendapatkan teman baru di
dunia maya
·
Bagi para pebisnis, sebagai alat bantu
untuk mempromosikan produk
·
Sebagai sarana komunikasi digital
jarak jauh
Kekurangan :
·
Berkurangnya privasi akan kehidupan
pribadi seseorang
·
Pemalsuan identitas
2. New Media :
Hiburan
Youtube
Situs web video
sharing yang dimana memungkinkan para penggunanya untuk menonton, memuat, dan
berbagi video secara gratis.
Kelebihan :
·
Sebagai sarana untuk menonton dan
memuat video yang kita inginkan
·
Sebagai ajang promosi diri
·
Tempat atau sarana untuk mendownload
video yang kita inginkan
Kekurangan :
·
Kurangnya filter atas video yang
berbau pornografi
·
Dapat dipakai sebagai saranapenyebaran
informasi yang tidak benar atau menyesatkan
3. New Media :
Edukasi
Wikipedia
Wikipedia adalah
sebuah situs web yang merupakan sebuah proyek endiklopedia multibahasa dalam
jaringan bebas dan terbuka.
Kelebihan :
·
Mudah digunakan
·
Mutakhir, karena perkembangan terbaru
dunia dapat dengan cepat dimasukkan atau ditulis ke dalam pangkalan data
Wikipedia
·
Kesalahan dapat dengan cepat
diperbaiki, karena bersifat bebas dan terbuka
·
Kekurangan :
·
Kepengarangan tidak dikenal
·
Kebenaran artikel dipertanyakan
4. New Media:
Informasi
Google
Google Inc adalah
sebuah perusahaan publik Anerika multinasional yang bergelut di dalam pencarian
internet, komputasi awan, dan teknologi periklanan. Sesuai dengan misinya yaitu
" untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara
universal dan berguna", telah diperkirakan bahwa Google berjalan lebih
dari satu juta server di penjuru dunia, dan proses pencarian lebih dari satu
milyar dan sekitar 24 petabyte pengguna data setiap harinya.
Kelebihan :
·
Sumber komunikasi, dapat mencari
setiap informasi tentang segala yang kita inginkan melalui kotak search engine
dalam google
·
Sebagai alat komunikasi (melalui
e-mail pada google/ Gmail)
·
Sebagai media publikasi atas karya
tulis ataupun website yang kita buat
Kekurangan :
·
Terkadang hasil pada search engine
tidak sesuai dengan yang kita inginkan
·
Setiap pencarian data harus
menggunakan keyword khusus, menyebabkan informasi tidak dapat dicari dengan
mudah secara umum
·
Mudah dibajak
·
Terkadang website yang dibuka
mengandung virus sehingga dapat menginfeksi koputer milik kita
MANFAAT NEW MEDIA
·
Informasi dapat
dengan mudah diakses oleh siapa saja dan dimana saja.
·
Dapat digunakan
sebagai sarana jual beli
·
Sebagai sarana
untuk hiburan, seperti game online, streaming video (contoh : youtube) ataupun
sosial media(contoh : facebook, twitter)
·
Sebagai sarana
pendidikan
·
Sebagai media
komunikasi (contoh : skype)
Kekurangan New Media
·
Terbukanya
informasi yang memungkinkan terjadinya pencurian data pribadi
·
Pengawasan Hukum
yang lemah, karena tidak bisa ikut campurnya pemerintah dalam menangani new
media
·
Banyak beredarnya
informasi palsu
Referensi :
Buku NEW
MEDIA “A Critical Introduction”
Second Edition (Martin Lister, Jon Dovey, Seth Giddings, Iain Grant, &
Kieran Kelly)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar