SEO atau yang biasa disebut search engine optimizationadalah sebuah teknik pemasaran yang sering dilakuakn
dalam dunia bisnis internet yang bertujuan untuk mendatangkan banyak pengunjung
secara tertarget melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll.
Dengan melakukan serangkaian teknik optimasi tersebut diharapkan suatu website
bisa menduduki posisi terbaik di hasil pencarian. Ada pun posisi terbaik adalah
posisi yang mudah ditemukan orang dalam suatu kalimat pencarian.
Biasanya posisi yang sering dikunjungi orang adalah antara halaman 1
(lebih dominan) sampai halaman 3. Jika sampai halaman tersebut pengunjung belum
mendapat informasi yang dibutuhkannya, maka ia akan beralih menggunakan kalimat
pencarian lainnya.
Untuk itulah bisa berada di posisi tersebut merupakan suatu target jika menggunakan
teknik SEO ini. Terlebih bisa berada di Page 1 apalagi sampai peringkat 3
besar, pasti akan mendapatkan banyak kunjungan dari mesin pencari.
Tujuan Search Engine Optimization
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi
teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci
tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi
teratas halaman pertama pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung lebih banyak. Dan memang kenyataan kalau saya lagi
googling, jarang buka sampai halaman 3 ke atas. Kalau tidak ada yang cocok,
ganti dengan cara menambahkan atau mengurangi keyword (kata kunci).
Berdasarkan pengertian dan tujuan SEO tersebut, maka kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian search engine akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis internet untuk mendapatkan pelanggan baru melalui website. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Unsur-unsur yang mendukung dalam penerapan SEO, yaitu :
a. SEO ON PAGE
Aktifitas on-page SEO ini adalah segala aktifitas SEO yang dilakukan langsung
pada website atau blog. Aktifitas on-page ini menyangkut rekayasa terhadap
elemen dan isi blog atau website itu sendiri. Rekayasa yang dimaksud antara
lain terhadap elemen nama domain, judul, meta keyword, meta deskripsi, permalink,
konten/isi blog dan sitemap.
b. SEO OFF PAGE
Off-page SEO adalah aktifitas atau teknik SEO yang dilakukan diluar blog atau
website tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam off-page SEO ini.
Antara lain :
a) Exchange Link atau Bertukar
Link dengan blog lain.
b) Mensubmit blog ke search
engine.
c) Mendaftarkan blog ke Web atau
blog directory misal DMOZ.org.
d) Mendaftarkan blog ke social
bookmark misal Technorati, digg, Del.cio.us dll.
e) Mendaftarkan blog atau website
ke social media misal myblog atau blogcatalog.
f) Memasang iklan di iklan baris.
g) Memasang iklan pada blog atau
web yang bertrafik tinggi dan ber PR (Page Rank) tinggi.
h) Mensubmit pillar artickel ke
beberapa article directory.
i) Bergabung kebeberapa forum
diskusi
Keuntungan Melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan
satu persatu, diantaranya yaitu :
1. Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search
Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar,
tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil
pencarian dari mesin pencari.
2. Meningkatkan Penjualan
Jika sebuah situs menjual suatu produk atau aneka barang seperti laptop
atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop
murah” kemudian situs tersebut masuk dalam ranking 1, maka dapat di katakan
situs tersebut sudah mendapatkan keuntungan 95% melalui bantuan SEO.
3. Meningkatkan Daya Saing
Untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi
maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.
Dasar SEO Yang Wajib di Ketahui
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui
oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan
suatu hal yang harus dan diterapkan jika ingin menjadi ahli seo atau membuat
situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang sudah di
target.
Secara mendasar SEO di bagi menjadi dua bagian, yaitu On Page SEO
dan Off Page SEO.
On Page SEO
1. Alamat dan domain blog (struktur dan kualitas)
2. Judul Blog (baik judul halaman induk maupun tiap artikel)
3. Deskripsi blog (baik halaman induk maupun tiap artikel)
4. sitemap
5. isi blog (baik frekuensi maupun kualitas dari isi blog)
6. Link yg terkandung di dlm blog (internal dan outbond link)
Off Page SEO
Backlink
Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu
halaman dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?”. Backlink
adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain
yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang
artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan
mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.
Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika
mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan
situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan
backlink dari situs yang berPR (Page Rank) tinggi.
Teknik SEO
Teknik untuk mengoptimalkan SEO beragam caranya, misalnya :
Keyword
Memilih yang tepat dan dioptimalkan (topik primer). Kesalahan
dalam memilih keyword akan berdampak cukup fatal, karena harus berjuang keras
untuk dapat posisi halaman terdepan pada search engine. Sebagai hal yang
mempermudah tentang keyword atau kata kunci ini, di awal-awal postingan ini
sebut saja ada dua, yaitu keyword primer dan sekunder.
Domain
Nama domain setidaknya terdapat keyword, silahkan memakai yang primer
atau sekunder.
Title blog atau Judul halaman
Titel berisi keyword primer maupun sekunder.
Deskripsi blog
Lebih luas dalam pengembangan keyword sekunder. Deskripsi ini
terletak di bawah titel header.
Konten atau isi
Blog menarik dan dibutuhkan orang. Untuk membuat website yang
memiliki konten menarik dan dibutuhkan informasinya oleh banyak orang, tentu
tidak mudah. Semua harus meniti dari bawah sejak awal untuk bisa menulis yang
isinya menarik. Kapan-kapan diulas juga, agar postingan ini tetap fokus
membahas pengertian dan tujuannya SEO, ditambahi sedikit penjelasan agar
membantu.
Backlink
Ada referensi berupa link ke website kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar