Sabtu, 02 Mei 2015

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau yang biasa disebut search engine optimizationadalah  sebuah teknik pemasaran yang sering dilakuakn dalam dunia bisnis internet yang bertujuan untuk mendatangkan banyak pengunjung secara tertarget melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll.

Dengan melakukan serangkaian teknik optimasi tersebut diharapkan suatu website bisa menduduki posisi terbaik di hasil pencarian. Ada pun posisi terbaik adalah posisi yang mudah ditemukan orang dalam suatu kalimat pencarian.

Biasanya posisi yang sering dikunjungi orang adalah antara halaman 1 (lebih dominan) sampai halaman 3. Jika sampai halaman tersebut pengunjung belum mendapat informasi yang dibutuhkannya, maka ia akan beralih menggunakan kalimat pencarian lainnya.

Untuk itulah bisa berada di posisi tersebut merupakan suatu target jika menggunakan teknik SEO ini. Terlebih bisa berada di Page 1 apalagi sampai peringkat 3 besar, pasti akan mendapatkan banyak kunjungan dari mesin pencari.

Tujuan Search Engine Optimization

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas halaman pertama pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak. Dan memang kenyataan kalau saya lagi googling, jarang buka sampai halaman 3 ke atas. Kalau tidak ada yang cocok, ganti dengan cara menambahkan atau mengurangi keyword (kata kunci).

Berdasarkan pengertian dan tujuan SEO tersebut, maka kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian search engine akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis internet untuk mendapatkan pelanggan baru melalui website. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Unsur-unsur yang mendukung dalam penerapan SEO, yaitu :

a.  SEO ON PAGE
Aktifitas on-page SEO ini adalah segala aktifitas SEO yang dilakukan langsung pada website atau blog. Aktifitas on-page ini menyangkut rekayasa terhadap elemen dan isi blog atau website itu sendiri. Rekayasa yang dimaksud antara lain terhadap elemen nama domain, judul, meta keyword, meta deskripsi, permalink, konten/isi blog dan sitemap.

b.  SEO OFF PAGE
Off-page SEO adalah aktifitas atau teknik SEO yang dilakukan diluar blog atau website tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam off-page SEO ini.
Antara lain :
a)  Exchange Link atau Bertukar Link dengan blog lain.
b)  Mensubmit blog ke search engine.
c)  Mendaftarkan blog ke Web atau blog directory misal DMOZ.org.
d)  Mendaftarkan blog ke social bookmark misal Technorati, digg, Del.cio.us dll.
e)  Mendaftarkan blog atau website ke social media misal myblog atau blogcatalog.
f)  Memasang iklan di iklan baris.
g)  Memasang iklan pada blog atau web yang bertrafik tinggi dan ber PR (Page Rank) tinggi.
h)  Mensubmit pillar artickel ke beberapa article directory.
i)  Bergabung kebeberapa forum diskusi

Keuntungan Melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :

1. Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari mesin pencari.

2. Meningkatkan Penjualan
Jika sebuah situs menjual suatu produk atau aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut masuk dalam ranking 1, maka dapat di katakan situs tersebut sudah mendapatkan keuntungan 95% melalui bantuan SEO.

3. Meningkatkan Daya Saing
Untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.

Dasar SEO Yang Wajib di Ketahui
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang sudah di target.

Secara mendasar SEO di bagi menjadi dua bagian, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO.

On Page SEO
1. Alamat dan domain blog (struktur dan kualitas)
2. Judul Blog (baik judul halaman induk maupun tiap artikel)
3. Deskripsi blog (baik halaman induk maupun tiap artikel)
4. sitemap
5. isi blog (baik frekuensi maupun kualitas dari isi blog)
6. Link yg terkandung di dlm blog (internal dan outbond link)

Off Page SEO

Backlink
Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?”. Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.

Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.

Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR (Page Rank) tinggi.


Teknik SEO
Teknik untuk mengoptimalkan SEO beragam caranya, misalnya :

Keyword
Memilih yang tepat dan dioptimalkan (topik primer). Kesalahan dalam memilih keyword akan berdampak cukup fatal, karena harus berjuang keras untuk dapat posisi halaman terdepan pada search engine. Sebagai hal yang mempermudah tentang keyword atau kata kunci ini, di awal-awal postingan ini sebut saja ada dua, yaitu keyword primer dan sekunder.

Domain
Nama domain setidaknya terdapat keyword, silahkan memakai yang primer atau sekunder.

Title blog atau Judul halaman
Titel berisi keyword primer maupun sekunder. 

Deskripsi blog
Lebih luas dalam pengembangan keyword sekunder. Deskripsi ini terletak di bawah titel header. 

Konten atau isi
Blog menarik dan dibutuhkan orang. Untuk membuat website yang memiliki konten menarik dan dibutuhkan informasinya oleh banyak orang, tentu tidak mudah. Semua harus meniti dari bawah sejak awal untuk bisa menulis yang isinya menarik. Kapan-kapan diulas juga, agar postingan ini tetap fokus membahas pengertian dan tujuannya SEO, ditambahi sedikit penjelasan agar membantu.

Backlink
Ada referensi berupa link ke website kita.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar