Senin, 09 Juni 2014

MINESWEEPER




Minesweeper adalah permainan single player paling sukses yang pernah dibuat . Bahkan melebihi the sims , tetris dan World of Warcraf . Minesweeper diluncurkan pada tahun 1990 sebagai bagian dari windows entertainment pack sebelum di promosikan untuk menjadi fitur standar pada windows 3.1 dan seterusnya. Minesweeper adalah permainan asli Microsoft, dibuat oleh Curt Johnson dan Robert Donner. Asal usul minesweeper berasal dari permainan pada computer mainframe pada tahun 60an – 70an.
Minesweeper bertujuan untuk membuka ubin yang kosong dan menghindar dari ubin yang berisi ranjau pada minefield yang berbentuk persegi berukuran i x j (ukurannya ditentukan oleh tingkat kesulitan). Berikut adalah ukuran minefield berdasarkan tingkat kesulitannya :
a)      Beginner     : 10 ranjau , ukuran ubin 9 x 9.
b)     Intermediate : 40 ranjau , ukuran ubin 16 x 16.
c)      Advanced     : 99 ranjau , ukuran ubin 16 x 30.
d)     Custom       : menentukan ranjau (range : 10 - 668), tinggi ubin (range : 9 – 24), menentukan lebar ubin (range : 9 – 30).

Permainan ini diawali dengan sebuah minefield kosong. Pemain harus membuka ubin yang dapat berisi ubin kosong,angka ataupun ranjau.Jika anda mengklik ranjau, maka permainan berakhir. Buka semua kotak yang kosong secepat mungkin untuk mendapatkan nilai yang tinggi.

Artificial Inteligence yang digunakan pada minesweeper adalah constraint satisfaction problem, CPS. Sebuah problem matematika yang mendeskripsikan kumpulan obyek yang harus memenuhi keadaan tertentu. Seperti pada teka teki silang , pembukaan ubin tidak harus sekuensial menurut soal ataupun kedekatan posisi ubin.

MICROSOFT mendeskripsikan minesweeper sebagai berikut :
You can uncover a square by clicking it. If you uncover a mine you lose the game. 
If a number appears on a square, it indicates how many total are mines in the eight squares that surround the numbered one. You can use this number to help deduce wether a square is safe to uncover. 
To mark a square you suspect contains a mine, right click it. This will add a flag to the square. If you’re not sure right click it again, which will add a question mark to the square. 

DASAR TEORI

     Berikut adalah ilustrasi singkat minesweeper. Asumsikan batas atas dan kiri adalah tembok, dengan kata lain gambar berikut merupakan bagian pojok kiri atas sebuah minefield. Pada kasus berikut anggap pemasangan bendera selalu terpasang pada posisi ranjau. Ubin b sudah pasti bukan ranjau, karena di sekeliling ubin 2 sudah terdapat 2 ranjau. Dan pada ubin a sudah pasti bebas ranjau karena kondisi sudah terpenuhi.


Daerah Aman Pada Minesweeper

     Pada kasus selanjutnya , ubin a dan b sudah pasti ranjau karena hanya ubin a dan b yang memenuhi kondisi tersebut.


Daerah Ranjau Pada Minesweeper 

Kasus Penebakan 

     Pada kasus di atas , pemain diwajibkan memilih satu ubin antara a dan b yang bebas dari ranjau.
     Pada gambar 1.4 di bawah diketahui bahwa (2,1) berisi angka 1 dan dikelilingi huruf a dan b. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa di antara ubin a dan b terdapat ranjau tapi tidak keduanya. Jika dinyatakan dalam pernyataan maka a + b = 1.

Analisis Angka Yang Berdekatan 

      Selanjutnya perhatikan ubin (2,2) yang bernilai 2 dan dikelilingi oleh ubin a,b,c,d dan e, yang berarti terdapat dua ranjau di antara ubin a,b,c,d dan e. Maka persamaannya adalah a+b+c+d+e =2.
     Begitu pula dengan (1,2) berisi angka 1 dan dikelilingi huruf c dan d. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa di antara ubin c dan d terdapat ranjau tapi tidak keduanya. Jika dinyatakan dalam pernyataan maka c + d = 1. 
     Dari persamaan a + b =1 , c + d = 1 dan a + b + c + d + e = 2 , maka dapat diselesaikan dengan persamaan berikut :

a + b + c + d + e = 2

( a + b ) + ( c + d ) + e = 2

1 + 1 + e = 2

Maka e = 0
Dengan didapatnya e = 0, berarti ubin e adalah ubin yang bebas dari ranjau.

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar